Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemah Bahasa Arab : Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional dan Penggerak Kemajuan Negara

Tasikmalaya, 3 Juni 2024 – Bahasa Arab kini semakin diakui sebagai salah satu bahasa internasional yang penting dipelajari di berbagai negara. Peran bahasa ini tidak hanya terbatas pada komunikasi, tetapi juga menjadi salah satu elemen vital dalam kemajuan ekonomi dan pendidikan suatu negara. Dalam konteks pasar masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dan global secara menyeluruh, serta berbagai peluang beasiswa pendidikan internasional, bahasa Arab muncul sebagai aset berharga dan investasi strategis.
Dalam menjawab tantangan dan peluang ini, Dewan Pimpinan Wilayah II (DPW II) Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia (ITHLA) menggelar kegiatan “Kemah Bahasa Arab”. Sebagai salah satu program tahunan DPW II ITHLA, acara ini bertujuan untuk menguatkan kesadaran mahasiswa tentang arah yang dituju dalam pengembangan bahasa Arab. Kegiatan ini diadakan dari Jumat hingga Minggu, 30 Mei hingga 2 Juni 2024, di Kampus UNIK Cipasung dan Taman Wisata Jabal Nur Cisayong, Kota Tasikmalaya.
Acara “Kemah Bahasa Arab” bukan sekadar pertemuan, tetapi merupakan rangkaian program yang dirancang untuk memperkuat basis kesadaran mahasiswa dan meningkatkan keterampilan kebahasaan mereka secara cepat dan efektif, baik secara teoretis maupun praktis. Program ini juga memperkenalkan pola baru pembelajaran bahasa yang ada di forum ITHLA, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan menyenangkan.
Tema kegiatan tahun ini adalah “Merekonstruksi Semangat Berbahasa Arab dengan Ilmu, Amal, dan Alam”. Rangkaian acara meliputi Seminar Nasional, silaturahmi mahasiswa bahasa Arab, dan berbagai perlombaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan budaya bertukar ilmu, wawasan, dan pemikiran serta menciptakan generasi penerus bangsa yang berilmu dan berwawasan luas.
Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk :

    1. Mengajarkan dan mengembangkan bahasa Arab dengan konsep yang lebih fleksibel dan diterima di kalangan umum.
    2. Memantik semangat dalam mempelajari bahasa Arab.
    3. Mempererat tali kekeluargaan antara mahasiswa bahasa Arab di ITHLA DPW II.
    4. Menjadi wdaah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dengan bangga.

Peserta kegiatan ini adalah seluruh pengurus dan mahasiswa bahasa Arab yang tergabung dalam DPW II ITHLA, yang terdiri dari berbagai universitas di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, memberikan kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi dan belajar dalam suasana yang mendukung. Dengan terselenggaranya “Kemah Bahasa Arab”, DPW II ITHLA berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu elemen kemajuan negara. Melalui program-program ini, diharapkan para mahasiswa tidak hanya menguasai bahasa Arab secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan di dunia profesional, sehingga dapat berkontribusi lebih luas dalam kemajuan ekonomi dan pendidikan Indonesia.

1 Comment

  • Yudi
    Posted June 5, 2024 at 9:35 pm

    Selalu menyala unik

Leave a comment

Jl. Muktamar NU XXIX No.1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Indonesia

Pintasan

Pendidikan

Pengabdian

Universitas Islam KH. Ruhiat Cipasung © 2024. All Rights Reserved.